Menu

Tetap Terhubung

Sekilas Akademik

Sebagai sekolah nasional, Sekolah Dian Harapan mengikuti persyaratan nasional dan pemerintah untuk pencapaian akademis.

Di Sekolah Dian Harapan, setiap murid dididik secara unik untuk dapat mengenali panggilan mereka dan meresponi panggilan Tuhan tersebut dalam kehidupan mereka. Sekolah Dian Harapan akan memepersiapkan dan mendidik murid-murid berdasarkan wawasan Kristen Alkitabiah dan berpusat pada Kristus, memandang mereka sebagai gambar dan rupa Allah, sehingga mereka dapat hidup memenuhi panggilan mereka di tengah tantangan hidup di antara masyarakat. 

Berikut adalah keunikan dari program akademik SDH

  •  SDH menyadari bahwa murid-murid kami kini hidup di zaman abad 21 dan mereka perlu mengembangkan beberapa keterampilan untuk memenuhi panggilan mereka dan menghadapi tantangan-tantangan hidup, seperti:

    • Keterampilan berpikir
    • Keterampilan berkomunikasi
    • Keterampilan organisasi dan manajerial
    • Keterampilan riset
    • Keterampilan sosial

  • Sekolah Dian Harapan berkeinginan untuk memberikan kesempatan bagi murid-murid untuk merefleksikan karakter Ilahi dan iman dalam Kristus melalui aktifitas-aktifitas pembelajaran di sekolah. Kami percaya bahwa karakter Ilahi adalah buah dari Roh Kudus. Murid-murid perlu belajar, mendapatkan contoh dan budaya yang ditangkap yang akan membentuk nilai, budaya serta karakter mereka. Guru perlu secara sengaja merancang pembelajaran di mana pembentukan budaya dan karakter Ilahi mudah bertumbuh. Maka dapat dikatakan bahwa pendidikan di sekolah Dian Harapan merupakan pendidikan yang melatih murid—murid kita untuk hidup. Bukan saja bagi untuk mempersiapkan hidup dan masas depan saja tetapi lebih mulia, lebih agung dan lebih besar mempersiapkan adalah untuk mempersiapkan dan mengajarkan murid-murid kita bagaimana hidup di hadapan Allah dan meresponi panggilanNya.

    Pendidikan di Sekolah dian Harapan akan menjalankan misinya mendidik murid-murid untuk mewujudkan shalom yang dimengerti dari wawasan Kristen Alkitabiah. Dalam proses pembelajaran di sekolah, murid-murid akan ditantang untuk terlibat secara kritis yang Alkitabiah dalam menyikapi kerusakan-kerusakan yang ada di masyarakat, menyuarakan keadilan, memikirkan solusi secara kreatif atas isu-isu komunitas, berjuang untuk hidup dalam komunitas shalom dan berkontribusi dalam cara yang nyata di tengah komunitas. 

  • Komunitas Sekolah Dian Harapan, merupakan komunitas yang terdiri dari murid-murid Yesus, dimana guru, staff, dan karyawan lain dipanggil Allah untuk menjadi pembelajar, bukan hanya dalam di dunia ini saja melainkan menjadi pembelajar sepanjang masa. Ini berarti, bergabung dengan komunitas Sekolah Dian Harapan, memiliki arti menjadi pembelajar sepanjang masa, yaitu bahwa setiap murid yang dipercayakan kepada kami akan bergabung dengan komunitas yang memiliki hasrat serta panggilan untuk mengenal, hidup bergaul, dan mencintai Allah dan firmanNya. 

  • Sekolah Dian Harapan mendorong murid-muridnya untuk melakukan yang terbaik dan berprestasi di area apa saja, baik itu bahasa, sains, kesenian, ilmu sosial, teknologi dan informatika, olah tubuh, matematika, kepedulian sosial, dan lain-lain. Tidak ada area tertentu yang menjadi favorit karena kami menyadari bahwa segala sesuatu yang Allah ciptakan adalah baik adanya. Murid-murid dibina dan didorong untuk berhasil bukan hanya di dalam pencapaian akademik melainkan juga dalam keterampilan mereka untuk melayani komunitas.

    • Kami berkomitmen untuk mengajar dengan pendekatan berpusat pada Kristus dalam segala sesuatu
    • Kami percaya pada keterbukaan dan transparansi dalam pembelajaran
    • Kami menghargai keunikan masing-masing murid
    • Kami juga menerima keterbatasan setiap murid
    • Kami menyadari bahwa salah satu tujuan pembelajaran yang penting adalah mempersiapkan generasi selanjutnya untuk hidup dan melayani masyarakat
    • Kami bersungguh sungguh mempelajari praktek-prakter terbaik dari DNA kurikulum internasional terbaik dan terus melatih staff, guru dan manajemen kami untuk dapat menerapkan “best practice in education” dari kurikulum-kurikulum terbaik di seluruh dunia.
    • Kami tidak serta merta mengubah kurikulum internasional, melainkan mencerna dan mengolah best practice tersebut sesuai dengan kearifan lokal sehingga kurikulum di dalam Sekolah Dian Harapan tetap memenuhi ekspektasi dan rekuirement dari kurikulum nasional, sembari melatih murid-murid kami agar memiliki kebiasaan dan kualitas akademis yang setara dengan praktek terbaik kurikulum internasional. 

Jadilah bagian dari komunitas pembelajaran
sepanjang masa dan transformatif kami hari ini.

Sekolah Dian Harapan is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache