Menu

Tetap Terhubung

Mission Service Learning

SDH secara sengaja menantang dan mempersiapkan murid-murid untuk berpartisipasi dalam kegiatan Mission Service Learning sebagai bagian dari pembelajaran unit.

Perjalanan Menuju Pemulihan yang Bersifat Menebus

Events-Bangka-20160808.JPG
Sekolah Dian Harapan percaya bahwa di dalam Kristus seluruh ciptaan yang telah jatuh ke dalam dosa akan dipulihkan. Dalam misinya ini, SDH menyatakan Keutamaan Kristus dan terlibat dalam pemulihan yang bersifat menebus segala sesuatu di dalam Dia melalui pendidikan holistis. Sebagai bagian dari umat Tuhan dan imamat rajani, SDH ingin melakukan bagiannya dalam semangat agen Kerajaan Allah. Ini tidak berhenti pada meneladankan “pemulihan”, tetapi juga menyebarkan “pemulihan”. Pemulihan yang tidak hanya memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus, tetapi juga memulihkan kerusakan kehidupan keluarga, institusi dan komunitas sesuai dengan otoritas Allah bagi Kerajaan-Nya. 

SDH_DMNATAL025.jpg

Mission Service Learning berfokus pada:

  • Mengenal Allah dengan melihat dunia-Nya dan orang-orang di dunia baik dalam sekolah dan komunitas lokal mereka
  • Membangun relasi, mengasihi saudara/i dan menunjukkan belas kasihan bagi orang lain yang kurang beruntung
  • Mengambil tanggung jawab untuk membuat kontribusi positif di dalam dunia, secara khusus melakukan misi dan pelayanan di Indonesia
  • Mempraktekkan kepemimpinan ketika melakukan kegiatan Mission Service Learning.

  • MSL_SDHCikarang2.jpg
    Setiap tahun, kami memiliki kegiatan tahunan bagi murid yang sejalan dengan Mission Service Learning. Kegiatan ini diatur oleh guru dan murid kelas 11 dan mereka menyebutnya “Live In”. Live In dapat diselenggarakan di desa dan kota yang berbeda-beda. Pada kegiatan Live In 2016, murid-murid kelas 11 pergi ke desa di Yogyakarta. Murid-murid kami tinggal bersama dengan orang tua asuh mereka di desa tersebut. Murid-murid kami juga mengadakan bazaar dan mengajar di sekolah yang letaknya dekat dengan desa. Uang yang diperoleh dari bazaar tersebut didonasikan untuk membuat pertemuan balai kota di desa tersebut. Live In merupakan momen yang tidak terlupakan bagi murid-murid kelas 11 dan mereka belajar lebih lagi tentang bagaimana berbagi dan memberi kepada orang lain. 
  • ServiceLearningKelas102016-001.JPG
    Kegiatan Mission Service Learning pada tahun ajaran ini dilakukan oleh kelas 10 dan diadakan di Air Terjun Kali, Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kota Manado. Ada tiga kegiatan utama dalam Mission Service Learning kali ini, 1) menamai beberapa tanaman sepanjang jalan menuju Air Terjun dengan nama latinnya, 2) melakukan wawancara dengan masyarakat setempat tentang sejarah Desa Kali dan Air Terjun Kali, dan 3) membersihkan lingkungan sekitar Air Terjun Kali. Melalui kegiatan ini, murid-murid dapat menghubungkan apa yang mereka pelajari di kelas dengan pelayanan mereka di komunitas, seperti mata pelajaran Biologi untuk menamai tanaman dengan nama Latin dan Bahasa Indonesia untuk mewawancarai.
  • MSL_SDHLippoVillage.jpg

    Pada tanggal 14 Desember 2016, murid-murid kelas 4 mengundang anak-anak dari PAUD REMNANT, sebuah sekolah TK setempat yang dipimpin oleh Ibu Rita Napitupulu, untuk mengikuti acara Perayaan Natal di SDH Lippo Village. Kegiatan ini adalah salah satu Mission Service Learning dimana seluruh murid-murid SDH Lippo Village didorong untuk melakukannya.

    Setelah mengikuti Ibadah Natal bersama dengan semua murid-murid SDH, anak-anak PAUD REMNANT diundang untuk makan siang bersama yang disediakan dan dilayani oleh murid-murid kelas 4 dalam bentuk Pot-Luck Party. Lalu, mereka melanjutkan untuk melayani teman-teman PAUD dengan melakukan aktivitas di Gym dan membacakan cerita bagi mereka. Pada akhir aktivitas, mereka menyerahkan donasi dari semua murid-murid kelas 4 kepada PAUD REMNANT dan juga goody bag untuk setiap anak.

    Dana untuk seluruh aktivitas yang dilakukan berasal dari tabungan murid-murid kelas 4, yang dikumpulkan beberapa bulan sebelumnya. Murid-murid gembira untuk membagikan kasih, perhatian dan kelembutan ketika melayani teman-teman yang lebih muda yaitu anak-anak PAUD REMNANT. Mereka juga belajar berbagi dan menjadi berkat bagi sesama

  • MSL_SDHMakassar.jpg

    Bersosialisasi, mengenal teman baru, dan saling menerima perbedaan di usia dini sangatlah penting untuk dipelajari. Selain untuk membantu murid-murid untuk semakin berkambang, hal tersebut juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dengan baik. Sejak bulan Oktober 2016 – Maret 2017 murid-murid K2 belajar mengenai “Friends Together”. Sebagai salah satu bentuk aplikasi dari tema ini, siswa/I K2 mengundang teman-teman dari KB Harapan untuk bermain bersama dan juga saling berbagi di SDH pada hari Kamis, 2 Maret 2017. Setiap murid-murid mampu menunjukkan kepeduliannya terhadap satu sama lain melalui berbagi aktivitas permainan yang dilakukan. Sangat diharapkan, apa yang telah dipelajari dari tema ini mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang program MSL kami, silakan mengirimkan email ke info@sdh.or.id 

Jadilah bagian dari komunitas pembelajaran
sepanjang masa dan transformatif kami hari ini.

Sekolah Dian Harapan is Stephen Fry proof thanks to caching by WP Super Cache